CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Sunday, April 22, 2012

parameter perkembangan bayi usia 0 - 6 bulan

Berikut ini alat bantu untuk memantau perkembangan mulai bayi hingga umur 6 bulan menurut June R Oberlander dalam buku “Slow and Steady Get Me Ready”. Idenya sederhana dan menarik, dengan melakukan observasi dan mencatat jadwal perkembangan anak. Kita dapat melakukannya untuk memantau perkembangan bayi kita. Ada 20 perkembangan anak yang perlu diamati dalam usia ini, beberapa diantaranya adalah:
  • Memperlihatkan ketertarikannya pada wajah orang
  • Merespon bunyi
  • Merespon cahaya
  • Memutar kepala ke arah samping
  • Mengikuti arah benda bergerak
  • Tersenyum
  • Kepala dan lengan bergerak bersamaan

ada usia 0-6 bulan, gerakan bayi masih didominasi oleh reflex yang sudah dikuasainya sejak di dalam kandungan.
Gerakan yang paling umum adalah reflex Moro, yaitu gerakan tiba – tiba seolah bayi dijatuhkan, tangan dan kakinya akan terangkat ke atas. Refleks ini akan hilang pada usia 5-6 bulan. Gerakan reflex Moro yang terlalu sering bisa jadi indikasi bahwa anda memperlakukan bayi terlalu kasar.
Gerakan lain yang sangat penting bagi perkembangan bayi di usia 0-6 bulan adalah reflex menghisap (sucking), reflex menelan (swallowing) dan reflex untuk mencari sumber (rooting). Gerakan menelan dan menghisap tentu sangat berperan dalam proses menyusui. Tetapi tidak hanya itu gunanya. Refleks sucking dan swallowing juga membuat bayi merasa nyaman, karena pada saat ia ada di dalam kandungan, bayi juga menelan air ketuban.
Anda dapat melakukan stimulasi reflex menghisap pada bayi anda dengan cara mengusap lembut pipi bayi, lakukan hal ini maka bayi akan berpaling ke arah usapan anda dengan mulut siap menghisap. Setelah itu, arahkan putting payudara ke langit – langit mulutnya. Stimulasi ini juga akan melatih bayi untuk mengenali sumber makanannya yaitu payudara anda.

1 comments:

Unknown

salam kenal ..Artikelnya gangat mudah untuk dipahami dan keren..
oya mau tanya untuk kaos kaki anakyang bagus buat bayi umur 0-6Bln itu seperti apa ya...
Mohon infonya......

Post a Comment