CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Tuesday, November 20, 2012

Makanan untuk bayi usia 6 bulan


Makanan bayi 6 bulan  diberikan dalam bentuk makanan padat yang dihaluskan dan diencerkan dengan susu atau ASI. Seorang anak setelah lahir tidak langsung dapat mencerna makanan padat, mereka harus terlebih dahulu meminum susu formula atau ASI sebagai makanan pengganti nutrisi yang selama ini mereka dapatkan langsung dari tubuh ibu melalui plasenta dalam kandungan.
Menurut pendapat para dokter ahli, pemberian makanan pertama harus dilakukan saat usia mulai menginjak 6 bulan, karena jika sebelumnya ditakutkan akan munculnya resio alergi dan masalah pencernaan yang lain. Mengingat ini adalah makanan pertama buah hati mereka, maka para orang tua harus benar-benar memperhatikan apa asaja yang harus diberikan dan apa yang tidak boleh diberikan pada makanan bayi 6 bulan. Pada umumnya dokter, ahli gizi dan siapapun yang berpengetahuan lebih tentang bayi akan menyarankan kepada Anda untuk memberikan sereal beras, puree buah dan sayur yang dicampur dengan susu.

Baik menggunakan air susu ibu atau susu formula kemasan, makanan bayi 6 bulan harus bertekstur sangat lembut dan dengan kepadatan yang redah.

Perubahan dari hanya susu ke makanan padat akan membutuhkan tahap-tahap, memberikan makanan bayi 6 bulan yang terlalau padat akan membuat mereka muntah, tidak mampu menelan atau bahkan konstipasi.  Teori lama mengatakan bahwa pemberian makanan pada bayi dimulai dari bahan makanan biji-bijian, diikuti sayuran , buah kemudian baru daging dan lauk hewani lain. Teori ini menekankan konsep agar anak lebih mengenal rasa yang lain sebelum mengenal manisnya buah. Namun perkembangan terbaru menyatakan bahwa pemberian daging dalam makanan bayi 6 bulan sangat dianjurkan agar memenuhi kebutuhan protein anak untuk tumbuh kembangnya.
Semua itu penting, namun yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah bahwa salah satu makanan bayi 6 bulan tersebut akan menyebabkan anak anda alergi. Kenali dengan cara memberikan bahan makanan tunggal pada awal-awal proses peralihan. Jangan terlalu memaksa mereka menghabiskan dalam jumlah besar begitu saja.
Jadikanlah pemberian makanan bayi 6 bulan ini sebagai petualangan baru bagi si kecil yang sangat menyenangkan.
source : http://www.tentangbunda.com/makanan-untuk-bayi-usia-6-bulan.html

0 comments:

Post a Comment